Home » » 14 Siswa di Wonogiri tak ikuti UN

14 Siswa di Wonogiri tak ikuti UN

Written By Amien on Rabu, 22 April 2009 | 17.09

Wonogiri (Espos)--Hingga hari ketiga pelaksanaan UN di Wonogiri sekitar 14 siswa tidak mengikuti UN, terdiri atas 4 pelajar SMA dan 10 pelajar SMK. UNtuk itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, H Suparno meminta kepada semua kepala sekolah (Kasek) untuk melakukan pendataan terhadap siswanya yang tidak mengikuti ujian nasional (UN).

Pendataan harus kongkrit, sehingga bisa diikutkan dalam UN susulan yang akan digelar Senin-Jumat (27/4-1/5).

“Jumlah tersebut sebenarnya fluktuatif, hari pertama di SMK yang tidak mengikuti 12 anak, hari kedua dan hari ini (ketiga) 10 anak. Namun untuk SMA selama tiga hari ini ada 4 anak yang mangkir,” ujarnya, Rabu (22/4).

Lebih lanjut H Suparno mengatakan para siswa yang tidak mengikuti UN dikarenakan berbagai alasan, seperti sakit, pindah ataupun pergi bekerja mengikuti orangtua.

“Kalau yang sakit mestinya ditunjang dengan surat dokter dan bisa didaftarkan mengikuti ujian susulan. Karena itu kami minta para Kasek melakukan pengecekan kepada siswanya, jika memang tidak ada di rumah ya sudah.”

Namun, ujarnya, jika masih di rumah hendaknya dimotivasi untuk mengikuti ujian susulan. Pada bagian lain, mantan Kepala SMAN 1 Jatisrono dan SMAN 2 Wonogiri ini mengatakan untuk siswi SMAN 2 Wonogiri yang pingsan selama dua hari UN sudah sehat dan mengikuti ujian hari ketiga.

“Tadi memang ada yang pingsan lagi, namun berbeda orang. Siswa yang pingsan kemarin justru segar bugar.”

Suparno juga meminta diantara pengawas tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri. Artinya, posisi pengawas sudah ditentukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yakni duduk di depan.

Terkait dengan dengan masih banyaknya HP di bawah siswa, Suparno membantahnya. “Dari pemantauan kami, HP ditaruh di depan. Kalau ada mestinya pengawas bisa mengingatkan.”

Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi melakukan pemantauan di sekolah-sekolah Wonogiri Kota. Seperti saat memantau di Baturetno, Bupati juga meminta peserta didik berdoa agar lulus dan mendapatkan nilai terbaik.

Oleh: Trianto Heri Suryono (solopos)
Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger