Home » , , , » Jadikan Liburan Kita Berpahala

Jadikan Liburan Kita Berpahala

Written By Amien on Senin, 22 Desember 2014 | 19.44

Rumah Siti Munawaroh Tampak Depan
 “Libur telah tiba,libur telah tiba, Hore..., Hore..., Hore..., Simpanlah tas dan bukumu, Lupakan keluh kesahmu, Libur telah tiba, libur telah tiba, Hatiku gembira!”  
Kayakknya lagu itu deh yang paling tepat dinyanyiin kalau pas masuk liburan kayak gini. Liburan akhir semester adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa. Ya, iyalah liburnya lebih lama, dua minggu lebih pren, karena bertepatan dengan libur natal dan tahun barju masehi. Enaknya buat apa ya kalau liburan? Banyak temen-temen kita yang udah buat jadwal wisata saat liburan ada yang ke Pantai, ke Jakarta, ke Jogja, ke Surabaya, dan ada yang ke puncak dan masih banyak lagi deh rencana-rencana wisatanya. Jujur ana nih kalau si penulisnya juga kebingungan ngisi liburan kemana yang bisa bermanfaat dan tidak melalaikan ke kewajibannya. Hehehehe
Tetapi sayang sekali masih banyak saudara-saudara kita yang kurang seberuntung itu dan merekalah yang membutuhkan uluran tangan kita yang lebih mampu untuk memberikan sedikit uluran tanganmu dan berbagi atas rizki yang telah Allah berikan kepada kita. Ya Siti Munawaroh, siswi kelas X program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 2 Ponorogo  ini salah satu contoh saudara kita yang perlu kita apresiasi kegigihannya dalam beribadah dan belajar, walau kondisi kakinya yang sakit  (ketika jalan salah satu kakinya harus di topang dengan penyangga) dia tetap gigih mengikuti kegiatan, salah satunya kegiatan three days camps yang dilaksanakan di Lap. Nongkodono pada tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2014. Di sisi lain banyak anak-anak yang tidak mengikuti kegiatan itu dengan berbagai alasan, tetapi tidak bagi siswi yang berhijab ini, walau kondisi kakinya sakit Siti Munawaroh tetap gak mau ketinggalan mengikuti semua kegiatan, dan pada akhirnya di kegiatan hari terakhir kaki Siti kram sehingga sulit untuk berjalan.  Setelah mendapatkan perawatan dan pertolongan dari Tim PMR SMK Negeri 2 Ponorogo, kram kaki Siti sudah sembuh, akhirnya Mr. Jayadi selaku pembina sepakat untuk peserta yang sakit kita antarkan pulang termasuk Siti.  

Foto Siti (dok Sekolah)
Perlu di ketahui Siti Munawaroh ini berlamat di Ngampel, Balong, Ponorogo. Kesehariannya pulang pergi kesekolah dengan naik bus, sementara dari rumah ke jalan raya Siti bersepeda pancal. “kowe mau nek ura tak terne pulang, gek sopo sing mapak?” (kamu tadi kalau tidak saya antar pulang siapa yang menjemput)  tanya Pak Jayadi, S.Pd dengan logat bahasa jawanya. “di jemput tetangga pak” jawab Siti. Akhirya setelah menempuh perjalanan kami sampai di ds Ngampel, rumahmu yang mana ?” tanya Mr. Jayadi, rumah depan itu pak kiri sahut Siti. Kami  berhenti, membantu menurunkan barang bawaan Siti dan mengantarkannya, ternyata rumah Siti berada di belakang rumah yang ditunjuk tadi, jalan menuju ke rumah Siti masih jalan setapak penuh dengan rerumputan, kondisi rumah siti sedang kosong dan terkunci, karena bapak dan ibunya sedang bekerja kesawah. “Lha kowe enek ngomah karo sopo ?” “sendiri pak”, “bapak ibumu pulang jam piro”, “sekitar jam 1 nan pak!” Demikian dialog Mr. Jayadi dan Siti yang penulis dengar.  Akhirnya kami dan Mr. Jayadi pamit dengan penuh rasa haru yang menyelimuti di hati, melihat kondisi dan kegigihan dari Siti. Semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa kita, karena belum mensyukuri nikmat-Nya.
Rumah Siti Munawaroh Tampak Depan keseluruhan
Mari kita saling bergandeng tangan untuk ulurkanganganmu melakukan setitik aksi nyata, … membantu sesama yang lagi membutuhkan...Terketukkah hati kita ?, melihat adik dan saudara kita Siti Munawaroh, walau kondisi kakinya sedang sakit ia tetap beraktivitas membantu pekerjaan orang tua di rumah, karena bapak dan ibunya kesawah dalam rangka mencari nafkah untuk membiayai anaknya sekolah, sedangkan remaja yang lain berlibur dan bermain dengan rianganya. Sedangkan gurat kebimbangan dan rasa was-was terlihat jelas di raut wajah orangtuanya  Bp. Soiman, memikir biaya hidup dan biaya sekolah untuk anaknya.

Salurkan kepedulian anda via Mandiri an. Tarmin No Rek. 138-00-0686197-0, setelah melakukan transfer mohon konfirmasi jumlah dan alamat lengkap via email amiengmc_01@yahoo.com ataupun bisa sms ke 085293174612 untuk pengelolaan Administrasi. Terima kasih, Semoga Allah memberikan balasan atas kebaikan sahabat semua! Aamiin!


Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger