Home » , , » SMK Negeri 2 Ponorogo Menuju Sekolah Adiwiyata

SMK Negeri 2 Ponorogo Menuju Sekolah Adiwiyata

Written By Amien on Senin, 08 Desember 2014 | 05.36


Salah satu sudut SMK N 2 Ponorogo
Info-smkn2ponorogo.com, SMK Negeri 2 Ponorogo bertekad menjadi sekolah adiwiyata tahun 2015.  Sekolah adiwiyata membentuk sekolah berbudaya lingkungan mampu berpartisipasi melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan  bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang
Untuk mewujudkan cita-cita itu pada Senin, 8 Desember 2014, SMK Negeri 2 Ponorogo mengadakan kegiatan Workshop sosialisasi menuju sekolah adiwiyata 2015 dengan nara sumber Drs. Sukadi dari Kantor Lingkungan Hidup Ponorogo  dan Katenan, M.Pd Tim Penyusun Kurikulum dan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Kab. Ponorogo.   Dalam paparanya Drs. Sukadi mengatakan bahwa  “Kerusakan lingkungan hidup sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia”.  Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum ayat 41 :
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.
Pada awalnya lautan dan daratan itu masih bersih dan subur, tetapi akhirnya mengalami kerusakan akibat ulah manusia. Contoh: kerusakan yang muncul pencemaran karena limbah industri, polusi kendaraan/asap pabrik, dan penebangan hutan. Papar Drs. Sukadi dari Kantor Lingkungan Hidup Ponorogo.
Nara Sumber dari kantor Lingkungan Hidup Ponorogo

Menurut Katenan, M.Pd, Untuk menuju sekolah Adiwiyata yang berbudaya dan berwawasan lingkungan, terdapat beberapa langkah-langkah yang harus disiapkan yang melibatkan berbagai stakeholder, baik dari tingkat  pemerintah, sekolah hingga masyarakat sekitar sekolah. Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menuju Sekolah Adiwiyata yang berbudaya dan berwawasan lingkungan :
Kebijakan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan mensosialisasikan Program Adiwiyata,  Antusias Sekolah/Kepala Sekolah untuk Melaksanakan Program Adiwiyata yang Tinggi, Terdapat Guru yang Khusus Menangani Program Adiwiyata,  Adanya Dana untuk Melaksanakan Program Adiwiyata, Partisipasi Masyarakat sekitar untuk Melaksanakan Program Adiwiyata.
Relawan Hijau SMK 2 Ponorogo

Sementara Drs. Herry Apriyantoa, M.Pd dalam sambutannya mengatakan optimis bahwa sekolah yang dipimpinnya mampu dan bisa menjadi sekolah adiwiyata, karena menurutnya SMK Negeri 2 Ponorogo sudah memiliki bekal yang cukup untuk menuju sekolah adiwiyata.   “kita memiliki kurang lebih 800 siswa, ada 33 rombel, dan ditunjang dengan tata ruang  gedung yang memadai, kalau sekolah lain bisa adiwiyata, sekolah kita pasti bisa” demikian pungkasnya. Sementara menurut Djuniharti, S.Pd, selaku Ketua Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 2 Ponorogo, merasa optimis untuk menuju sekolah adiwiyata, namun perlu adanya perubahan mindset dan budaya yang ada di SMK Negeri 2 Ponorogo ini menjadi berbudaya dan berwawasan lingkungan.
Dalam rangka mensukseskan program adiwiyata ini, seluruh warga SMK Negeri 2 Ponorogo berkomitmen penuh untuk melaksanakannya dengan ditandai penandatangan ikrar untuk melaksanakan Sekolah Adiwiyata tahun 2015. Semoga SMK Negeri 2 Ponorogo bisa menjadi Sekolah Adiwiyata. Aamiin.


  



Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger