Home » , , » SMK NEGERI 2 PONOROGO MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA PROVINSI

SMK NEGERI 2 PONOROGO MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA PROVINSI

Written By Amien on Selasa, 14 April 2015 | 03.23

Setelah sukses meraih predikat sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, kini SMK Negeri 2 Ponorogo berbenah dan berjuang keras untuk meraih penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi. Kepala SMKN 2 Ponorogo Sujono S.Pd, mengatakan, untuk meraih predikat itu tentunya semua lini, baik siswa, guru dan orang tua murid bahu-membahu untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah.



Kamis (10/4), Tim Visitasi Adiwiyata Provinsi Jatim berkunjung di SMKN 2 Ponorogo. Rombongan disambut hangat oleh keluarga besar sekolah yang beralamatkan di jalan Yos Sudarso, Ponorogo. Dra. Sumarmidayani, Ketua Tim Adiwiyata SMKN 2 Ponorogo melalui Farida Hanim Handayani, S.Pd  selaku anggota tim Adiwiyata SMKN 2 Ponorogo menjelaskan, sejak tahun pelajaran 2014-2015 kami berkomitmen menjadi sekolah adiwiyata, untuk itu faktor pendukung harus mencerminkan sekolah adiwiyata. Dimulai dengan pembenahan visi misi sekolah, dimana yang pada awalnya tidak ada program peduli dan berbudaya lingkungan, maka mulai 2014-2015 visi misi sekolah kami menjadi mencerminkan peduli dan berbudaya lingkungan.

Visi misi itu, kata Farida Hamin Handayani, S.Pd semuanya sudah terintegrasi dalam kurikulum KTSP maupun perangkat pembelajaran. Jadi setiap guru yang mengajar itu RPPnya diupayakan terintegrasi lingkungan hidup. Dengan begitu, ia yakin pembelajaran adiwiyata yang peduli dan berbudaya lingkungan itu bisa meresap dalam pribadi anak khususnya dan keluarga besar SMK Negeri 2 Ponorogo umumnnya. “Roh adiwiyata itu harus meresap tidak hanya siswa, tapi juga guru, karyawan maupun warga masyarakat sekitar sekolah,” ucapnya.

Sementara itu Sutikno tim penilai adiwiyata provinsi mengatakan “SMKN 2 Ponorogo sudah melaksanakan program Adiwiyata dengan menetapkan visi dan misi berwawasan lingkungan yang dilaksanakan dengan berpedoman pada 4 komponen pencapaian, yaitu 1) Kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan; 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan; 3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; serta 4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.


Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan, tim dari provinsi masih melihat atau mengobservasi terus mencatat data dari tim adiwiyata SMKN 2 Ponorogo yang sudah dikirim ke provinsi.
Sedangkan secara terpisah Kepala SMKN 2 Ponorogo Sujono, S.Pd berharap, semoga ke depan akan semakin terpelihara kebersihan di lingkungan sekolah. Sehingga lingkungan semakin sehat dan bersih. Pada akhirnya diharapkan bisa mencapai sekolah Adiwiyata Provinsi. Pun apa yang sudah dilakukan nantinya akan memberi dampak dan kesadaran kepada anak-anak agar cinta dan peduli lingkungan serta dapat menerapkan hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat,”pungkasnya. 
Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger