Home » , , , » Upacara Peringatan Hari Kartini SMK Negeri 2 Ponorogo

Upacara Peringatan Hari Kartini SMK Negeri 2 Ponorogo

Written By Amien on Kamis, 21 April 2016 | 06.19

Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita yang paling berpengaruh di Indonesia. Semangat perjuangannya dalam menegakkan hak-hak kaum perempuan memberikan inspirasi bagi banyak wanita di Indonesia. Untuk mengenang dan menghargai perjuangan Kartini, SMK Negeri 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan upacara dalam rangka Hari Kartini, Kamis (21/04/16).

Seluruh siswa-siswi SMK Negeri 2 Ponorogo mengenakan pakaian batik. Tak ketinggalan, para guru dan karyawan juga mengenakan pakaian serupa. Selain itu petugas upacara peringatan hari Kartini  ini juga terdiri dari ibu-ibu guru dan karyawati SMK Negeri 2 Ponorogo. Sujono, S.Pd mengatakan, dirinya sengaja mengajak para siswa untuk mengenakan pakaian batik. Hal itu dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan Kartini, yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. “Rikala gesangipun Raden Ajeng Kartini, wanita Indonesia tansah wonten ing pingitan. Para wanita mboten dipun keparengaken sekolah. Boten kepareng gadhah padamelan sami kaliyan priya. Nanging samenika, awit perjuanganipun RA Kartini para wanita sampun sami drajatipun kaliyan kaum priya”. 


“Ketika di masa hidupnya Raden Ajeng Kartini, para wanita Indonesia selalu dalam pingitan, para wanita tidak boleh sekolah, tidak boleh memiliki pekerjaan yang sama derajatnya dengan kaum pria. Tetapi  berkat perjuangan RA. Kartini para wanita sekarang sudah memiliki derajat yang sama dengan pria.” Tutur Sujono, S.Pd kepala SMK Negeri 2 Ponorogo. Rangkaian kegiatan peringatan hari Kartini diawali dengan upacara bendera, di halaman sekolah, lalu dilanjutkan dengan penyerahan berbagai hadiah kerjuaraan lomba Classmeeting dan dilanjutkan makan bersama dimasing-masing kelas.

Meski tidak mengenakan seragam sekolah seperti biasanya, namun para siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan.
“Kami bangga dan senang mempunyai pahlawan seperti Ibu Kartini,” ujar Kholis Dianawati, siswi kelas XID1.

Selamat Hari Kartini, dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas keluarga melalui Generasi sehat, ekonomi kuat, perempuan bermatabat.

Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger