Home » , , , , » SMK NEGERI 2 PONOROGO DIRIKAN TEACHING FACTORY

SMK NEGERI 2 PONOROGO DIRIKAN TEACHING FACTORY

Written By Amien on Rabu, 08 Maret 2017 | 00.15

Pentingnya penyediaan sumberdaya manusia (SDM) yang terampil diwujudkan pemerintah melalui kebijakan peningkatan mutu pendidikan kejuruan yang memberi perhatian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pengembangan SMK saat ini mulai bergerak dari orientasi pasar tenaga kerja lokal kepada pasar tenaga kerja ASEAN menyambut masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), serta mempersiapkan para lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan (entrepreneurship). Penerapan teaching factory  di SMK Negeri 2 Ponorogo merupakan wujud dari salah satu upaya Pembinaan SMK untuk lebih mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan industri.

Menurut Sujono, S.Pd Teaching Factory adalah bagian pembelajaran di SMK yang mengacu pada praktek kerja nyata seprti dalam bisnis namun dikemas dalam jam-jam pembelajaran, sehingga peserta didik belajar vokasi  untuk menyiapkan skill. Teaching Factory memiliki korelasi dengan kompetensi siswa karena kompetensi siswa akan lebih cepat terbentuk pada diri siswa karena selalu dihadapkan pada realita kerja di dunia usaha maupun industri. Karena dengan pendidikan vokasi lebih cepat terwujud untuk itu harapan kami dengan adanya teaching Factory ini : Pendidikan vokasi  dapat diterapkan dengan mudah, penyiapan tenaga trampil segera terwujud, sehinggga persaingan dengan masuknya tenaga kerja asing bisa terhadang, ungkap Sujono, S.Pd Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo.

Balado Kriuk merupakan produk Teaching Factory SMK Negeri 2 Ponorogo, Balado yang sangat renyah dan enak ini terbuat dari kentang dengan bumbu rempah-rempah. Balado Kriuk ini sangat cocok untuk lauk sekaligus sebagai camilan. Memiliki citra rasa yang khas karena  Baladao Kriuk diolah oleh tangan-tangan terampil siswa-siswi SMK Negeri 2 Ponorogo yang didampingi guru tata boga yang profesioanl. Mengapa memilih Balado Kriuk kentang, selain bahan baku kentang mudah didapatkan, balado sendiri banyak masayakat yang menyukainya sehingga kami Teaching Factory SMK Negeri 2 Ponorogo memilih Balado Kriuk kentang sebagai produk unggulan,  ungkap Wiwik Suryani, S.Pd salah satu pengelola Tefa SMK Negeri 2 Ponorogo.

Sementara menurut Dra. Teguh Rahayu Nur Ida Isnayanti  dalam satu hari dapur Teaching Factory SMK Negeri 2 Ponorogo mampu memproduksi 30 kg kentang, yang dikemas dalam dua packing yang berbeda,  200 gram dan 100 gram, dipacking dengan menggunakan alumunium foil, sehingga rasa dan kwalitas tetap tetap terjaga.  Untuk pemasarannya selain di lingkungan sekolah pihak tefa juga menjalin kerjasama dengan toko dan swalayan yang ada di ponorogo. Produk tefa SMK Negeri 2 Ponorogo bisa didapatkan secara online melalui Delivery Order di 081217793254  maupun bisa datang langsung di Dapur Tefa SMK Negeri 2 Ponorogo, yang terletak di Jalan Yos Sudarso No. 21 A Ponorogo. Bahkan Produk Tefa SMK Negeri 2 Ponorogo sudah tergabung dalam Group FUBA, Group Forum Usaha Barokah. 
Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger