Home » , , , , , » Selamat Datang Para Peserta Didik Baru SMK Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Selamat Datang Para Peserta Didik Baru SMK Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Written By Amien on Jumat, 20 Juli 2018 | 02.23

Awal masuk sekolah baru, dulu sering membawa kecemasan tersendiri bagi calon siswa-siswi baru. Selain dituntut untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru, juga banyak tugas yang dibebankan. Lantas bagaimana dengan pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau yang kini dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) saat ini?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran baru, guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa Orientasi sudah tidak asing lagi dijumpai di tingkat SMP maupun SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Seperti hal nya di SMK Negeri 2 Ponorogo, sejak Senin 16 Juli 2018 kemarin mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan berakhir Jumat 20 Juli 2018 yang  diisi dengan kegiatan indoor dan outdoor. Untuk kegiatan indoor diisi dengan menekankan materi pendidikan karakter.

Sejak Senin pagi siswa mengikuti upacara sebagai pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan (MPLS). Dilanjutkan dengan halal bi halal oleh seluruh warga SMK Negeri 2 Ponorogo. Kemudian siswa masuk ruangan untuk menerima materi pendidikan karakter yang disampaikan oleh AIPTU Triyana dari Polsek Ponorogo, dalam kesempatan ini pihak Polsek Ponorogo memberikan materi yang sering menjadi perbincangan dalam
kehidupan masyarakat terkait kenakalan remaja. Dimana kenakalan remaja sendiri merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak dan dewasa. Beberapa penyebab kenakalan remaja yang harus dihindari peserta didik seperti reaksi frustasi diri, gangguan berpikir dan intelegensia pada diri remaja, kurangnya kasih sayang orang tua / keluarga, kurangnya pengawasan dari orang tua, dampak negatif dari perkembangan teknologi modern, dasar-dasar agama yang kurang, tidak adanya media penyalur bakat/hobi, masalah yang dipendam, keluarga broken home, pengaruh kawan sepermainan yang tidak positif. Dalam pembahasan terkait kenakalan remaja dari pihak Polsek Ponorogo merangkum ada 4 lingkaran kenalan remaja yaitu merokok, free sex, minuman keras dan narkoba, bullying. Untuk bahaya yang ditimbulkan dari narkoba sendiri mampu mengubah sikap dan kepribadian; narkoba dapat menimbulkan sikap agresif atau brutal yang dapat menuju pada tindak criminal; mendorong perbuatan kriminal untuk memenuhi kebutuhan narkoba-nya, seperti mencuri atau masuk dalam prostitusi; mempengaruhi kesehatan fisik, mental, emosi dan sosial si-pemakai; menimbulkan sifat masa bodoh dan menghilangkan motifasi bekerja atau sekolah. Di akhir penyampaian materi AIPTU Triyana mempunyai harapan besar supaya seluruh peserta didik baru belajar yang rajin, belajar pintar sesuai cita-citanya, karena di era sekarang semua serba online, mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan tercapai semua cita-citanya.

Di hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Negeri 2 Ponorogo setelah menerima materi dari Polsek Ponorogo kemudian materi dilanjutakn oleh pihak kurikulum SMK Negeri 2 Ponorogo terkait layanan akademik, pemitan peserta didik, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, panduan penilaian akademik, layanan bimbingan peserta didik, ekstrakurikuler pilihan, struktur kurikulum, dan jam belajar siswa. Di SMK Negeri 2 Ponorogo, untuk Peminatan Peserta didik berdasarkan pilihan peserta didik  pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018,  terdiri dari  Teknik Komputer dan Informatika/Teknik Komputer dan Jaringan, Perhotelan dan Jasa Pariwisata/Perhotelan, Kuliner/Tata Boga, Tata Kecantikan/Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, Tata Busana/Tata Busana. Pembelajaran di SMK Negeri 2 Ponorogo dimulai pukul 06:45 sampai 15:30 dari hari Senin sampai Jumat dan untuk hari Sabtu bisa digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler.
Untuk kegiatan MPLS SMK Negeri 2 Ponorogo di hari kedua pada tanggal 17 Juli 2018, peserta didik baru dikenalkan dengan berbagai ekstrakurikuler yang bisa dipilih sesuai bakat dan keinginan peserta didik baru. Selain itu dari pihak SMK Negeri 2 Ponorogo juga mengenalkan lingkungan sekolah dan sekolah adiwiyata. Dalam pengenalan ekstrakurikuler pilihan, dari masing-masing ekstrakurikuler menampilkan aksinya yang sangat lincah dan info berbagai kejuaraan yang pernah diikuti. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti mulai dari Pramuka, OSIS, Pencak silat, tari, jurnalistik, PKS, Rohis, karawitan, Fashion Show, PMR, dan masih banyak lagi.

Kemudian di hari ke tiga pada Rabu 18 Juli 2018, para peserta didik baru mengikuti kegiatan outbond, kerja bakti di lingkungan sekolah dan menampilkan pentas seni dari para peserta didik baru. Kegiatan MPLS ditutup dengan apel siang.
Di hari ke empat dan kelima yaitu Kamis 19 Juli 2018 dan Jumat 20 Juli 2018 melanjutkan kegiatan outdoor yaitu kegiatan PBB di lapangan batalyon. Peserta didik baru dibekali ilmu baris berbaris oleh Tim dari Kodim Ponorogo.
Serangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK Negeri 2 Ponorogo, diharapkan bisa menjadi bekal untuk menjalani kegiatan pembelajaran setiap harinya di sekolah dengan baik dan rajin. Seluruh para peserta didik baru sangan antusias mengikuti serangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK Negeri 2, terlihat mereka mulai dari awal hingga akhir mengikuti dengan baik acara yang telah tersusun. eva_smkn2po
Share this article :

-: Site Meter :-

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Info SMK Negeri 2 Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger